BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
PT PLN (Persero) sebagai badan usaha milik negara, yang
bergerak di bidang pelistrikan, agar senantiasa memiliki keunggulan bersaing,
terutama dalam menghadapi pasar global, dituntun untuk dapat mengantisipasi
perubahan-perubahan yang demikian cepat dan dinamis agar dapat bertahan hidup
dan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas jalannya perusahaan.
Peningkatan efisiensi dan efektivitas
perusahaan dapat mencapai melalui utilisasi sumber daya manusia (SDM) sebab SDM
merupakan faktor yang paling berperan dalam hal ini. Dengan kata lain SDM
sebagai karyawan di perusahaan merupakan sumber keunggulan bersaing bagi suatu
perusahaan sehingga diharapkan optimal bagi perusahaan.
Tidak
mudah menjadikan SDM sebagai sumber keunggulan bersaing perusahaan, karena hal
itu berkaitan bukan saja dengan faktor –faktor personal seperti, nilai yang
dianut, persepsi, sikap personality, dan kemampuan individu untuk maju. Maka
dalam suatu perusahaan diperlukan suatu sistem manajemen kinerja untuk menilai
kemampuan dan keahlian karyawannya.
Salah satu cara yang terdapat dalam sistem manajemen
kinerja yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menilai dan mengukur kinerja
karyawannya adalah dengan menggunakan suatu alat yang dinamakan Performance
Appraisal (penilaian kerja).
Penilaian kinerja sebagai bagian dari sistem manajemen kinerja pada dasarnya merupakan
salah satu faktor kunci dalam fungsi pemeliharaan karyawan diperusahaan guna
mengembangkan perusahaan tersebut secara efektif dan efisien. Sebab langkah
mengadakan penilaian kerja tersebut, berarti suatu organisasi atau perusahaan
telah memanfaatkan secara baik sumber daya manusia yang ada di organisasi atau
perusahaan tersebut.
Penilaian kinerja diharapkan mampu berperan sebagai
penggerak dan pendorong bagi karyawan untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian
yang optimal. Penilaian kerja dapat mengukur dan membedakan prestasi kerja yang
telah dicapai karyawan serta memutuskan berbagai kebijaksanaan di bidang SDM
lainnya seperti penyesuaian imbalan, pelatihan dan pengembangan, promosi, dan
sebagainya. Maka semua kegiatan yang didasarkan atas penilaian kerja tersebut
langsung berpengaruh pada pencapaian tujuan perusahaan.
Dengan adanya sistem informasi penilaian kinerja
karyawan pada PT PLN (PERSERO) diharapkan bisa mengetahui potensi setiap
karyawan yang ada di perusahaan tersebut sebagai barometer di dalam kinerja
efektivitas dan etos kerja. Sehingga bisa mengetahui prestasi yang telah
dicapai oleh karyawan tersebut. Dan apabila hasil dari penyeleksiaan tersebut
diketahui hasilnya sesuai dengan keinginan perusahaan maka karyawan tersebut
akan ditempatkan pada posisi yang lebih baik.
Tetapi karena sistem
penilaian ini masih dilakukan secara manual tentu akan menimbulkan
ketidakefektifan dan keefisienan dalam
pelaksanaan penilaian tersebut. Maka penulis bermaksud untuk memperbaiki sistem
dengan cara membuat aplikasi yang berbasis komputerisasi untuk mempercepat
proses penilaian yang sedang berjalan agar menjadi lebih efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian
yang berhubungan dengan sistem penilaian kinerja karyawan. Dalam penelitian ini
penulis mengambil judul “ SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN
DI PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT AREA PELAYANAN DAN
JARINGAN CIMAHI ”.
1.2
Identifikasi Masalah
Pada prosedur sistem
penilaian yang sedang berjalan, terdapat permasalahan-permasalahan
sebagai berikut :
1.
Bagaimana sistem penilaian
kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa barat Area Pelayanan dan Jaringan Cimahi
?
2.
Program aplikasi seperti apa
yang dapat membantu pengolahan data penilaian kinerja karyawan pada PT PLN
(Persero) Distribusi Jawa barat Area
Pelayanan dan Jaringan Cimahi ?
1.3
Batasan Masalah
Untuk menghindari
kesalahpahaman dan meluasnya, maka penulis membatasi atau memfokuskan
masalah yang berkaitan dengan sistem informasi penilaian kinerja karyawan
yaitu:
1.
Sistem ini hanya menangani
penilaian kinerja karyawan dengan kriteria-kriteria penilaian yang telah ditetapkan
oleh perusahaan.
2.
Kinerja atau ketentuan yang dinilai mencakup sasaran
individu dan kontribusi individu.
3.
Sistem ini hanya dapat
digunakan pada PT PLN (Persero) Distribusi
Jawa barat Area Pelayanan dan Jaringan Cimahi ?
1.4
Maksud dan Tujuan
Penelitian
Maksud dari
penulisan laporan Tugas Akhir ini adalah guna memenuhi salah satu syarat
kelulusan Akademik pada program Strata I, Jurusan Sistem Informasi Fakultas
Teknik Dan Ilmu Komputer di Universitas
Komputer Indonesia.
Adapun
tujuannya adalah sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui bagaimana
sistem penilaian kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa barat Area Pelayanan dan Jaringan
Cimahi.
2.
Untuk membantu program aplikasi
pengolahan data penilaian kinerja karyawan pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa barat Area Pelayanan dan Jaringan
Cimahi.
1.5
Metodologi Penelitian
Untuk meneliti dan mendapatkan data sebagai bahan kajian
dalam penulisan skripsi dengan tujuan membuat suatu sistem informasi.
1.5.1 Metodologi Pengumpulan Data
Metodologi penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam mengumpulkan
data-data adalah sebagai berikut:
1.
Tenik observasi langsung
Yakni
teknik pengumpulan data di mana penyelidik mengadakan pengamatan secara
langsung (tanpa alat) terhadap gejala- gejala subyek yang diselidiki, baik
pengamatan itu dilakukan di dalam situasi buatan yang khusus diadakan.
2.
Teknik observasi tak langsung
Yakni
teknik pengumpulan data dimana penyelidikan mengadakan pengamatan terhadap
gejala–gejala subyek yang diselidiki dengan perantaraan sebuah alat, baik alat
yang sudah ada (yang semula tidak khusus dibuat untuk keperluan tersebut),
pelaksanaannya dapat berlangsung di dalam situasi yang sebenarnya maupun di
dalam situasi yang buatan.
3.
Teknik komunikasi langsung
Yakni
teknik di mana penyelidik mengumpulkan data dengan jalan mengadakan komunikasi
langsung dengan subyek penyelidikan, baik di dalam situasi yang sebenarnya
maupun di dalam situasi buatan.
4.
Teknik komunikasi tak langsung
Yakni
teknik dimana penyelidik mengumpulkan data dengan jalan mengadakan komunikasi
dengan subyek penyelidikan melalui perantara alat, baik alat yang sudah
tersedia maupun alat yang khusus dibuat untuk keperluan itu. Pelaksanaannya
dapat berlangsung di dalam situasi yang sebenarnya ataupun di dalam situasi
buatan.
1.5.2 Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Metode yang digunakan untuk sistem
informasi penilaian kinerja karyawan adalah prototype. Prototipe
merupakan suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan
untuk membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat
dievaluasi oleh pemakai.
1.6
Waktu dan Lokasi
Penelitian
Dalam melaksanakan Kegiatan peninjauan ini, penulis
mengambil tempat kegiatan di
PT PLN (PERSERO)
Distribusi Jawa barat Area
Pelayanan dan Jaringan Cimahi yang berlokasi di jl. Cisangkan No 2. Ataupun
waktu peninjauan berlangsung pada bulan Maret s/d April 2006.
1.7 Sistematika Penulisan
Dalam sistematika penulisan laporan skripsi ini, penulis menguraikan
kerangka penulisan skripsi adalah sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan
Dalam bab ini
penulis akan mengulas tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah,
batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, metode penelitian dan
sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori
Bab ini
terdiri dari beberapa sub bab yang menjelaskan tentang konsep dasar sistem
meliputi teori dari topik pembahasan skripsi ini yang menunjang dalam pemecahan
masalah yang dianggap relevan dengan permasalahannya serta menjelaskan konsep
dasar sistem, konsep dasar informasi, kualitas informasi, teknik normalisasi,
kegunaan database.
Bab III Identifikasi Kebutuhan Pemakai
Bab ini menjelaskan tentang sistem yang sudah berjalan pada PT PLN
(Persero) Apj Cimahi ditinjau dari ketentuan penilaian kinerja karyawan,
prosedur sistem berjalan meliputi jalannya sistem yang disesuaikan dengan ruang
lingkup, diagram alir data sistem berjalan dalam penjabarannya yang meliputi
diagram konteks, kamus data yang sedang berjalan,
Bab IV Membuat Prototipe
Bab ini menjelaskan tentang sistem yang
diusulkan atau dirancang yang akan digunakan di
Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan di PT LN (Persero) Apj
Cimahi.
Bab V Analisis Hasil Implementasi
Bab ini
berisi mengenai implementasi dari program yang telah dibuat, kebutuhan
perangkat keras (hardware), kebutuhan perangkat lunak (software)
dan yang lainnya yang secara detail akan dibahas pada bab ini.
Bab VI Kesimpulan dan Saran
Pada bab ini penulis mencoba memberikan kesimpulan
dari pembahasan dan saran-saran yang diharapkan dapat memberikan masukan bagi
penulis maupun bagi perusahaan.
0 comments:
Post a Comment