Thursday, December 13, 2012

Sistem Informasi Pengarsipan Berbasis Animasi 3D


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. LATAR BELAKANG

Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia adalah sebuah lembaga pendidikan yang sangat memperhatikan kualitas sistem pelayanan mereka terhadap “warga belajar”. Salah satu bukti perhatian tersebut terlihat dari perhatian mereka atas kualitas pengelolaan arsip milik warga belajar. Lembaga ini telah mengembangkan sebuah sistem informasi pengarsipan yang cukup baik dan bahkan sistem pengarsipan ini telah berkembang menjadi sebuah sistem yang berbasis teknologi komputer yang dapat digolongkan sebagai office automation system.
Walaupun demikian, pihak manejemen Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia mengeluhkan bahwa masih ada beberapa hal yang mengganggu. Sebagai misal, dikeluhkan bahwa sistem yang sedang berjalan (existed system) masih bersifat tertutup dan sulit dikembangkan karena hanya digunakan untuk mengelola arsipmahasiswa sedangkan pada kenyataannya banyak jenis arsip lain yang harus dikelola.Contoh lain yang mengganggu adalah existed system seolah memiliki sub-sistem keamanan (security system) tetapi sebenarnya hanya berupa kelengkapan pada program aplikasi sehingga tidak cukup aman. Pihak manajemen Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia juga memiliki harapan bahwa apabila sistem ini akan dikembangkan, sistem yang diharapkan (expected system) harus memiliki program aplikasi yang mudah digunakan atau user friendly dan memiliki antar hadap visual yang dapat menunjukkan lokasi arsip dengan cara animasi 3D atau setidak-tidaknya gambar denah lokasi 2D dengan penunjuk lokasi arsip (pointer).
Berdasarkan pernyataan dan harapan pihak manajemen Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia tersebut maka perlu untuk dilakukan studi analisis atas kinerja sistem yang sedang berjalan dan kemudian dilakukan perancangan sistem yang baru berdasarkan umpan balik yang diperoleh dari analisis yang bersangkutan.


1.2. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan dari latar belakang, dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut :
1. Apakah benar bahwa sistem yang berjalan tidak dalam proporsinya, tertutup,
tidak dapat dikembangkan dan cenderung gagal?
2. Bagaimana merancang sebuah sistem usulan untuk menggantikan dan
menghilangkan kelemahan dari sistem yang sedang berjalan?

1.3. BATASAN

Agar lebih terfocus dan tidak melebar, maka pokok bahasan dibatasi pada
hal-hal berikut ini :
a. Analisis terhadap existed system dilakukan sesuai dengan disiplin ilmu
informatika sampai dengan dianggap cukup sebagai bahan bagi perancangan
expected system (dalam siklus kehidupan sistem disebut sebagai umpan balik)
b. Perancangan sub-sistem pendukung hanya terdiri dari sistem keamanan
(security system) yang terdiri dari sistem otoritas (previledges system), sistem
perekaman aktifitas (logging system) dan sistem penyamaran data (encryption
system)

1.4. TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan :
1. Membuktikan bahwa sistem yang sedang berjalan tidak dalam proporsinya,
tertutup, tidak dapat dikembangkan dan cenderung gagal.
2. Membuat sebuah sistem usulan yang disebut sistem Informasi Pengarsipan
Berbasis Animasi 3D di Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia
Surakarta untuk mengurangi kelemahan dari sistem yang sedang berjalan.
3. Membuat protitipe aplikasi untuk sistem komputer yang nantinya akan
diaplikasikan sebagai sub sistem dari sistem pengarsipan.
4. Membuat rencana implementasi sistem.
Manfaat :
1. Memenuhi salah satu syarat kelulusan pada jenjang Strata I Program Studi
Teknologi Informasi Universitas Surakarta
2. Dapat digunakan oleh Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia untuk
melakukan pengembangan atau rekayasa perangkat lunak sistem pengarsipan

1.5. METODE

Metode atau cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pada skripsi
ini adalah :
a. Metode Pendataan :

1. Kepustakaan
Dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa bahan pustaka dari bukubuku, skripsi, materi internet dan catatan kuliah yang berkaitan dengan skripsi ini.
2. Observasi
Dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap aktifitas pengarsipan
yang ada di Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia.
3. Kuisioner dan wawancara
Dilakukan untuk mempermudah pemerolehan bahan masukan analisis sistem. Pembuatan kuisioner dibantu oleh wawancara langsung kepada semua pihak yang berkaitan dengan sistem pengarsipan di Lembaga Pendidikan Pratama Mulia agar diperoleh bahan masukan analisis yang akurat dan tidak bias.

b. Metode Pendekatan :
1. Analisis
Dilakukan untuk pemerolehan pemahaman terhadap existed system. Analisis dilakukan dengan standar analisis yang berlaku di disiplin informatika.
2. Studi Kelayakan
Dilakukan untuk menilai kelayakan dari existed system dengan metode feasibility impact grid.
3. Perancangan
Dilakukan untuk membangun rancangan expected system.
4. Rencana Implementasi
Dibuat agar sistem dapat diimplemetasikan dengan baik. Dilakukan dengan cara-cara standar minimal manajemen proyek dan dilengkapi dengan prototipe aplikasi untuk sistem komputer yang akan diterapkan sebagai subsistem dari sistem pengarsipan


Dapatkan File Lengkapnya Disini
Download 
Disini
Sistem Informasi Pengarsipan Berbasis Animasi 3D

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons