Wednesday, December 19, 2012

PERPINDAHAN PENDUDUK DALAM SUATU NEGARA






Bentuk-bentuk Perpindahan Penduduk
Perpindahan yang dilakukan di dalam suatu negara disebut migrasi nasional. Yang termasuk migrasi nasional adalah urbanisasi, transmigrasi dan remigrasi.

1. urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota, atau dari kota ke kota yang lebih besar dalam suatu negara
Urbanisasi terjadi karena daerah perkotaan merupakan pusat kegiatan hidup manusia, pemerintahan, ekonomi dan ilmu pengetahuan, sehingga penduduk desa cenderung pergi ke kota.
Urbanisasi ada yang sifatnya sementara seperti petani yang menanti musim panen tiba, dan ada yang menetap.
Dalam pelaksanaan urbanisasi seseorang harus benar-benar siap dan memiliki keterampilan. Bila seseorang tidak memiliki keterampilan, sulit untuk memperoleh pekerjaan sehingga dapat mengakibatkan pengangguran.
Akibat-akibat yang selalu terjadi dari urbanisasi adalah pengangguran, kejahatan, gelandangan, dan pengemis.

2. transmigrasi
Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah padatpenduduknya ke daerah yang masih jarang penduduknya. Penduduk Indonesia yang besar jumlahnya, persebarannya belum merata.
Pulau jawa, Bali, dan madura yang merupakan daerah asal transmigrasi saudah tidak sesuai antara luas wilayahnya dengan jumlah penduduk yang mendiami. Pulau jawa hanya memiliki luas hanya 6,7% dari luas Indonesiaseluruhnya didiami oleh 64% dari penduduk Indonesia.

Transmigrasi dalam pelaksanaan dapat dibedakan dalam 5 macam yaitu :
a. Transmigrasi Lokal
Transmigrasi lokal adalah transmigrasi yang terjadi di dalam satu provinsi. Transmigrasi lokal ini dilakukan dari daerah/pulau yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya.
b. Transmigrasi Khusus
transmigrasi khusus adalah transmigrasi yang dilaksanakan atas kerjasama antara departemen transmigrasi dengan departemen lain, untuk memanfaatkan keterampilan khusus transmigran. Misalnya transmigrasi anggota karang taruna jawa timur yang memiliki keterampilan bidang tambak udang, untuk membuka tambak udang di pulau Sumatera.
c. Transmigrasi umum
transmigrasi umum adalah transmigrasi yang dilaksanakan dan dibiayai oleh pemerintah. Kepada para transmigrasi pemerintah memberi fasilitas-fasilitas selain ongkos perjalanan yaitu :
·         memberi lahan pertanian seluas 2.5 hektar.
·         Memberi alat-alat pertanian
·         Menyediakan bibit tanaman
·         Menyediakan tenaga penyuluh pertanian.
·         Membuatkan perumahan sederhana.
·         Mendirikan sekolah-sekolah di daerah transmigrasi .
·         Mendirikan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan lain lain.

d. Transmigrasi bedol desa
Transmigrasi bedol desa adalah transmigrasi yang dilakukan oleh seluru penduduk desa beserta perangkat desa kesuatu daerah tempat yang baru. Transmisi bedol desa ini diakibatkan desa tempat mereka tinggal akan dibangun suatu proyek besar oleh pemerintah.
e. Transmigrasi spontan dan swadaya
Transmigrasi spontan dan swadaya adalah transmigrasi atas biaya sendiri(swadana) oleh transmigran. Pemerintah dalam pelaksanaan transmigrasi ini hanya menyediakn lahan pertanian dan tempat tinggal transmigran.

3. Remigrasi setelah pindag ke daerah lain dalam waktu yang lma
Remigrasi adalah perpindahan penduduk kembali ke daerah asalnya setelah pindah ke daerah lain dalam waktu yang lama. Contohnya transmigran yang berasal dari madura kembali pulang ke Madura setelah lama tinggal di sumatera barat.
Perpindahan penduduk sesuai dengan macam dan tujuan dapat bermanfaat bagi penduduk yang pindah. Penduduk yang pindah dapat mengubah nasibnya menjadi lebih baik dan sebelum pindah, bila ia sudah mempersiapkan diri.

Dengan beberapa bentuk perpindahan penduduk mempunya manfaat bagi penduduk yang melaksanakan dan juga bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Beberapa manfaat dari pelaksanaan migrasi (perpindahan) tersebut adalah
1.      Persebaran penduduk jadi merata.
2.      Kepadatan penduduk suatu daerah menjadi berimbang.
3.      Meningkatkan pendapatan penduduk.
4.      Meningkatkan produksi bangsa
5.      Membuka lapangan kerja baru
6.      Terciptanya rasa kebangsaan, dan
7.      Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons