BAB
I
PENDAHULUAN
Pada
matakuliah kerja praktek ini penulis mencoba untuk menyampaikan suatu tema
mengenai pembangunan perangkat lunak di showroom Prasasti Abadi Motor. Adapun
pembangunan perangkat lunak yang akan dilakukan ini meliputi pengidentifikasi masalah,
pengidentifikasian kebutuhan, hingga perancangan perangkat lunak serta
implementasi dari perangkat lunak tersebut guna menunjang/mendukung
pengendalian mutu dari perangkat lunak tersebut. Pada penulisan kerja praktek
ini penulis memberi judul “Perangkat Lunak Pembantu Penjualan Kendaraan(Roda
Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti Abadi Motor”.
1.1 Latar Belakang Masalah
Dewasa ini
perkembangan teknologi informasi telah dirasakan mengalami perkembangan yang
sangat cepat dan hal ini sangat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam
bidang bisnis khususnya pada bidang pelayanan jasa yaitu penjualan kendaraan
roda empat (Mobil) yang sedang dilakukan oleh showroom Prasasti Abadi Motor
sampai sekarang ini. Sebagaimana telah diketahui, kegiatan penjualan merupakan
salah satu kegiatan utama yang diselenggarakan di sebuah showroom, maka oleh
karena itu diperlukan adanya suatu perangkat lunak pembantu yang mampu
memaksimalkan sumber daya yang ada dan meminimalisir kesalahan yang mungkin
timbul pada saat kegiatan transaksi berlangsung.
Maka untuk
mengatasi kesemua permasalahan diatas penulis mencoba membuat “Perangkat
Lunak Pembantu Penjualan Kendaraan (Roda Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti
Abadi Motor”.
Dengan adanya
perangkat lunak tersebut maka diharapkan terciptanya suatu mekanisme kegiatan
transaksi yang efektif dan terkontrol yang mampu menghasilkan suatu informasi
yang baik, cepat dan akurat yang akan digunakan oleh pihak-pihak yang
membutuhkan informasi tersebut.
1.2 Identifikasi Masalah
Mengingat akan perlunya suatu
pelayanan yang lebih baik, maka perlu untuk melakukan pengembangan alat bantu
yang lebih baik. Hal ini diharapkan agar transaksi jual-beli mobil dapat
berjalan dengan baik.
Adapun masalah yang akan muncul
dalam kegiatan penjualan mobil yaitu sebagai berikut :
- Adanya
kesulitan dalam melakukan pencarian data transaksi jual - beli yang pernah
dilakukan.
- Masih
digunakanya cara manual dalam pembuatan laporan transaksi jual - beli.
Sehingga memakan waktu, tidak efisien dan kemungkinan kesalahannya masih
tinggi dikarenakan data-datanya masih belum terintegrasi.
- Masih
digunakannya perhitungan secara manual dalam mengetahui rugi/laba dari kegiatan transaksi
jual-beli yang telah dilaksanakan. Sehingga kemungkinan data tidak valid
tinggi.
1.3 Batasan Masalah
Pengamatan
difokuskan pada “Pengembangan Perangkat
Lunak Pembantu Penjualan Kendaraan (Roda Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti
Abadi Motor”, yang akan dibuat perangkat lunak melalui tahapan analisis dan
perancangan pada perangkat lunak tersebut. Batasan yang diamati yaitu :
- Perangkat lunak ini menangani transaksi jual - beli cash
yang meliputi penjualan jenis tunai dan penjualan jenis tukar tambah
kendaraan.
- Perangkat lunak ini menangani transaksi jual - beli cash
kendaraan dan penjualan tukar tambah meskipun jenis transaksi penjualan
yang dilakukan adalah jenis kredit.
- Perangkat lunak tidak menangani penjualan kredit secara
utuh tetapi memberikan pelayanan terhadap penjualan kredit.
- Perangkat lunak tidak menangani laporan keuangannya.
- Kendaraan yang akan dijual telah melewati tahapan Selekse
control kualitas(quality control).
1.4 Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuannya yaitu:
1.
Mengenal suatu lingkungan kerja
ditinjau dari sudut pandang ilmu keinformatikaan.
2.
Menerapkan materi yang telah
diperoleh selama perkuliahan pada lingkungan kerja sesungguhnya.
3.
Memberikan wawasan serta
pandangan baru mengenai objek kerja praktek dengan menerapkan dan
mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan berlangsung.
4.
Mengimplementasikan sistem
transaksi jual - beli kendaraan di Prasasti Abadi Motor dengan membangun suatu
perangkat lunak sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kinerja sistem
ditempat kerja praktek berlangsung.
1.5
Metode Penelitian
Dalam
pemecahan masalah, penulis berpedoman pada rekayasa perangkat lunak. Untuk
mempermudah proses analisis dan perancangan, penulis menggunakan metode Classic
Life Cycle atau biasa juga disebut dengan metode waterfall. Selain itu penulis
juga melakukan survey di lokasi dan wawancara.
1.6
Sistematika Pembahasan
Judul dari Laporan Kerja
Praktek ini adalah “Perangkat Lunak Pembantu
Penjualan Kendaraan(Roda Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti Abadi Motor”.
Sistematika
laporan kegiatan kerja praktek yang disusun terdiri atas lima bab, yaitu :
Bab I Pendahuluan
Dalam bab ini
dijelaskan mengenai latar belakang masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah,
identifikasi masalah, metodologi pemecahan masalah, dan sistematika penulisan.
Bab II Lingkungan Kerja Praktek
Dalam bab ini
membahas mengenai sejarah Showroom Prasasti Abadi Motor, struktur organisasi,
serta uraian pekerjaan untuk setiap bagian atau jabatan di Showroom Prasasti
Abadi Motor.
Bab III
Analisis dan Perancangan
Dalam bab ini
membahas tentang hasil analisis secara singkat dari perangkat lunak yang sedang
berjalan dan untuk mempermudah perancangan perangkat lunak. Dari mulai
perancangan struktur menu, perancangan basis data, perancangan input output,
sampai dengan implementasinya.
Bab IV
Implementasi
Dalam bab ini
dijelaskan secara garis besar mengenai pembuatan program Perangkat lunak
penjualan kendaraan di Showroom Prasasti Abadi Motor dan cara instalasi program
serta spesifikasi hardware yang diperlukan.
Bab V
Kesimpulan dan Saran
Dalam bab ini
berisi kesimpulan serta saran-saran dari penulis selama melakukan kerja
praktek.
0 comments:
Post a Comment