PENDAHULUAN
Latar Belakang
Komputer
merupakan suatu terobosan teknologi yang dapat diandalkan disegala bidang sehingga sangat membantu
manusia dalam melakukan aktivitas Ini terlihat dari segala bentuk hasil
kemajuan teknologi komputer, baik itu dalam bidang kedokteran, engineering, otomotif, musik dan
juga dalam kemajuan teknologi komputer
itu sendiri yang terus mengadakan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan
kemampuannya sehingga komputer sering menjadi klien bagi manusia.
Kemajuan
teknologi komputer bukan hanya memberi kemudahan bagi manusia untuk melakukan
aktivitas saja tetapi juga dapat memberikan hiburan yang telah tersaji di
dalamnya sehingga dapat di gunakan bersamaan sambil melakukan aktivitas
pekerjan yang sering disebut sebagai teknologi Multimedia.
Terkadang
pekerjaan yang menumpuk dapat membuat manusia jenuh dan lelah dalam
pengerjaannya sehingga harus membutuhkan sesuatu yang dapat membantu mengurangi
rasa jenuh tersebut misalnya mendengarkan lagu–lagu kegemaran sambil
mengerjakan pakerjaan tanpa harus menyalakan alat elektronika pemutar lagu
lainnya yang dapat menghentikan aktivitas pekerjaan dan mengganggu penghematan
waktu untuk dapat menikmati lagu-lagu tersebut.
Atas
hal inilah penulis akan membahas tentang perancangan pemutar lagu MP3 (Winamp)
yang diantaranya menyajikan lagu yang akan memberikan
hiburan di
dalam melakukan activitas pekerjaan yang dapat mengurangi kejenuhan dengan
penghematan waktu tanpa harus menyalakan alat elektronika pemutar lagu lainnya.
Adapun judul tugas akhir ini adalah “Perancangan
Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object”.
Identifikasi Masalah
Penulisan tugas akhir ini tidak akan menyimpang dari
judul yang ditetapkan serta sesuai dengan maksud yang disampaikan, apabila
masalah dapat didentifikasikan dengan baik yaitu :
1.
Bagaimana merancang program
pemutaran lagu MP3 dengan ActiveX Object?
2.
Apakah bahasa pemrograman yang
digunakan dapat membuat program aplikasi pemutaran lagu MP3?
3.
Apa saja perangkat keras yang
diperlukan dalam implementasi program pemutaran lagu MP3 ini?
Batasan Masalah
Pada
penulisan ini, penulis memberikan batasan-batasan pembahasan yang bertujuan
untuk menghindari terjadinya penyimpangan pembahasan dalam penulisan ini. Maka
batasan permasalahan dalam perancangan program pemutaran lagu MP3 dengan ActiveX Object ini hanya bisa digunakan
untuk memutar lagu dalam format MP3 saja dan menggunakan bahasa pemrograman
visual basic 6.0. Pembahasan tentang perancangan pemutaran lagu MP3 ini masih
bersifat sederhana dan untuk selanjutnya dalam tugas akhir ini akan digunakan
istilah Winamp, untuk mempermudah dalam pengertian dan pembahasan masalah.
Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan tugas akhir
ini adalah untuk memahami bagaimana merancang Winamp dengan menggunakan bahasa
pemrograman visual basic 6.0. serta langkah-langkah perancangannya.
Tujuannya adalah untuk memahami
penggunaan visual basic 6.0. dalam merancang Winamp, juga sebagai salah satu
syarat dalam menyelesaikan pendidikan program studi sarjana pada Fakultas
Teknik Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
Manfaat Penulisan
Manfaat
yang diharapkan dalam penulisan tugas akhir ini adalah :
1. Bagi penulis
Untuk
menerapkan ilmu yang di dapat selama di bangku kuliah dalam praktek yang
sebenarnya.
2. Bagi Akademis
Tugas akhir
ini diharapkan dapat menjadi acuan dan dorongan bagi akademis untuk dijadikan
tolak ukur dan keberhasilan selama dalam mendidik dan membekali ilmu bagi
penulis sebelum terjun langsung ke masyarakat.
3. Bagi Industri
Sebagai
masukan bagi teknologi informasi dalam dunia multimedia sebagai perangkat lunak
pemutar file musik.
Metode Penelitian
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penulisan
tugas akhir ini penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut:
1.
Penelitian Kepustakaan (Library
Research)
Metode ini penulis gunakan untuk
memperoleh data sekunder dengan membaca buku, tulisa-tulisan ilmiah,
majalah-majalah, dan artikel-artikel yang berhubungan dengan objek yang
diteliti.
2.
Penelitian Lapangan (Field
Research)
Metode ini digunakan oleh penulis untuk memperoleh data
primer, di mana penulis secara langsung mengamati objek yang diteliti yaitu
perangkat lunak Winamp sebagai bahan perbandingan dalam penulisan tugas akhir
ini.
3.
Penelitian Laboratorium
Penelitian yang dilakukan langsung di laboratorium untuk memperoleh
hasil dan analisis terutama tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik yang
dibahas dalam tugas akhir ini.
Sedangkan spesifikasi kebutuhan
hardware
(perangkat keras), software (perangkat lunak dan brainware (pemakai)
dalam penerapan Perangkat Lunak Pemutaran Lagu
Mp3 ini adalah sebagai berikut:
1. Perangkat
Keras (Hardware)
a.
Micro Processor Pentium IV
b.
Harddisk untuk tempat sistem
beroperasi dan sebagi media penyimpanan data.
c.
Memory minimal 128 Mega Byte
d.
Monitor Super VGA
e.
Mouse dan Keyboard
f.
Audio Visual
2. Perangkat
Lunak (Software)
a.
Sistem operasi yang digunakan
minimal harus Microsoft Windows XP atau Microsoft Windows NT.
b.
Anti Virus untuk mencegah
kemungkinan terjadinya kerusakan sistem yang disebabkan oleh virus-virus yang
masuk baik dari disket maupun media input lainnya.
3. Perangkat
Manusia atau Pemakai (Brainware)
a.
Orang yang mengerti cara
mengoperasikan komputer
b.
Orang yang memiliki sistem kerja
yang teliti
Sistematika Penulisan
Pada penulisan tugas akhir ini yang
merupakan sumber penulisan diperoleh berdasarkan buku-buku yang menyangkut pembahasan tentang
perancangan program pemutar lagu MP3 menggunakan bahasa pemrograman visual
basic 6.0. sehingga bisa menciptakan sebuah perangkat lunak pemutar lagu MP3
yang mendekati kualitas Winamp.
Adapun penulis menguraikan tentang
sistematika penulisan adalah sebagai berikut:
PENDAHULUAN
Berisikan
tentang latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan
tujuan, metode penelitian, serta sistematika penulisan.
LANDASAN TEORITIS
Berisikan
tentang pengertian perancangan, pengertian komputer, flowchart, memanfaatkan
control windows media player
PEMBAHASAN
Berisikan
tentang perancangan form untuk tampilan Winamp, yang terdiri dari form main,
form list, form cari, form about, form skin, form splash, dan form MP3Info,
serta tampilan form equalizer, tampilan form direktori, tampilan form about,
tampilan form cari, tampilan form list, tampilan form main, tampilan form skin,
tampilan form splash, tampilan form mp3 info, dan tampilan Winamp hasil
perancangan menggunakan visual basic 6.0.
PENUTUP.
Pada
bab ini berisi kesimpulan dan saran.
DAPATKAN FILE LENGKAPNYA
DOWNLOAD DISINI
Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object
0 comments:
Post a Comment