Saturday, December 22, 2012

Kerajaan-Kerajaan Islam Di Indonesia

Kerajaan-Kerajaan Islam Di Indonesia

1. Kerajaan Samudra Pasai
Kerajaan samudra pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan Samudra Pasai berdiri pada abad ke-13 di daerah Lhokseumawe nanggroe Aceh Darussalam. Raja Samudra Pasai Yang pertama ialah Sultan Malik As-Saleh.
Sultan Muhammad merupakan Raja Kerajaan Samudra Pasai yang kedua. Sultan Muhammad menggantikan ayahanda Sultan Malik As-Saleh yang wafat. Sultan Muhammad memerintah sampai 1326.
Rajan kerajaan samudra Pasai yang ketiga ialah Sultan Ahmad. Sultan Ahmad memerintah sampai tahun 1348. Zainal Abidin merupakan putera dari Sultan Ahmad. Selatan Sultan Ahmad wafat pada tahun 1348, tahta kerajaan dipegang oleh Zainal Abidin.


 Peninggalan Sejarah Kerajaan Samudra Pasai yang bercorak Islam antara lain adalah :
a. Batu nisan Sultan Malik As-Saleh
b. Bekas Kerajaan Samudra Pasal

2. Kerajaan Demak
Kerajaan Demak adalah kerajaan yang bercorak Islam Pertama Di Pulau Jawa. Kerajaan Demak berdiri pada tahun 1500. Raja pertama kerajaan Demak ialah raden  Patah.
Kerajaan Demak Terletak di kota Demak Jawa Tengah. Islam di Pulau jawa berkembang pesat. Wali Songo (sembilan orang wali) merupakan para mubaligh yang disebut Wali Songo karena mereka berjumlah sembilan orang. Sembilan orang wali (wali songo) yang berjasa dalam menyebarkan agama islam di pulau Jawa adalah :
a.       Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
b.      Sunan Giri (Raden Patah)
c.       Sunan Bonang (Makdum Ibrahim)
d.      Sunan Kudus (jafar Siddiq)
e.       Sunan Kalijaga (Raden Mas Syahid)
f.       Sunan Drajat (Masih Munat)
g.      Sunan Gunung Jati (Fatahillah)
h.      Sunan Muria (Raden Said)
i.        Sunan Ngampel (Raden Rahmad)


Raja Demak yang terkenal ialah Sultan Trenggono. Sultan Trenggono memerintah di Demak pada tahun 1524-1546. Sepeninggal Sultan Trenggono kerajaan Demak hancur karena terjadi perebutan kekuasaan di antara anggota keluarga Sultan Trenggono. 
Peninggalan sejarah bercorak Islam dari kerajaan Demak adalah :
a. Mesjid Agung Demak yang didirikan Wali Songo
b. Beduk dan kentongan karya Wali Songo
c. Saka Tatal merupakan tiang utama Mesjid Agung Demak.
d. Piring Campa merupakan hiasan dinding Mesjid Agung Demak.

3. kerajaan Aceh
Kerajaan Aceh berdiri pada tahun 1514 di kutaraja (Nanggroe Aceh Darussalam). Raja pertama Kerajaan Aceh ialah Ali Mughayat Syah. Kerajaan Aceh mengalami masa kejayaannya pada masa Sultan Iskandar Muda Menjadi raja. Portugis menguasai malaka pada tahun 1511. Para pedagang Islam tidak mengakui kekuasaan Portugis. Hal ini menjadikan Aceh sebagai kota pelabuhan yang ramai di Selat Malaka.

Raja Aceh yang kedua ialah Sultan Salahuddin. Sultan Salahuddin digantikan oleh adiknya yang bernama Alauddin Riayat Syah. Pada masa pemerintahan sultan Iskandar Muda tahun 1629 sampai tahun 1636, kitab suci Al-Qur’an pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Syeh Abdurrauf Singkel merupakan ulama yang pertama menerjemahkan Al-Qur’an ke dalam bahasa Indonesia.



Peninggalan sejarah bercorak islam dari kerajaan aceh adalah Sebagai berikut.
a. Makam Sultan Iskandar Muda dengan hiasan kaligrafi Arab
b. Al-Qur’an dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.
c. Mesjid Raya Baiturrahman.


4. kerajaan Banten
Kerajaan banten merupakan kerajaan yang bercorak Islam. Kerajaan Banten terdapat di Provinsi Banten. Raja Banten pertama ialah Sultan Hasanuddin. Kerajaan Banten terkenal sebagai pusat kerajaan Islam di daerah barat Pulau Jawa.
Raja Banten yang terkenal adalah Sultan Ageng Tirtayasa. Sultan Ageng Tirtayasa memerintah Banten pada tahun 1651 sampai tahun 1682. Sultan Ageng Tirtayasa memberi kebebasan berdagang kepada pedagang asing di Banten.

Peninggalan sejarah bercorak Islam dari Kerajaan Banten adalah :
a. Mesjid Banten yang dibangun oleh Sultan Maulana Yusuf pada tahun 1566 masehi, dan
b. Meriam kuno Ki Amuk yang bertuliskan huruf Arab.


5. Kerajaan Ternate dan Kerajaan Tidore
Kerajaan Ternate terletak di pulau Ternate. Raja Ternate yang pertama adalah Sultan Zaenal Abidin belajar agama Islam di Pesantren Giri Provinsi Jawa Timur. Sultan Ternate yang terkenal adalah Sultan Hairun dan Sultan Baabullah.
Kerajaan Tidore terletak di pulau Tidore. Raja terkenal dari kerajaan Tidore ialah Sultan Nuku dan Sultan Mansur. Kerajaan Ternate dan Tidore merupakan pusat penyebaran Islam di Maluku.
Beberapa peninggalan sejarah bercorak Islam dari Kerajaan Ternate adalah :
a. Istana Sultan Ternate
b. Masjid Ternate

6. Kerajaan Gowa – Tallo
Kerajaan Gowa-Tallo merupakan kerajaan kembar yang terdapat di Sulawesi. Kerajaan Gowa-Tallo selalu disebut kerajaan Makasar. Kerajaan Gowa-Tallo berpusat di Sombaopu Makasar.
Raja Gowa-Tallo yang Terkenal ialah Sultan Hasanuddin. Kerajaan Gowa-Tallo mengalami masa kejayaan ketika diperintah oleh Sultan Hasanuddin. Sultan Hasanuddin dijuluki “Ayam Jantan dari Timur” oleh belanda karena gagah berani dalam menentang Belanda. Peninggalan Sejarah bercorak Islam yang merupakan peninggalan kerajaan Gowa-Tallo adalah Istana Tua dari kayu.
Peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia berupa mesjid antara lain Mesjid Agung Demak yang terdapat di kota Demak Provinsi Jawa Tengah. Mesjid Agung Demak dibangun pada tahun 1478 Masehi. Mesjid Agung dibangun Wali Songo. Di langkat (Sumatera Utara) terdapat Mesjid Azizi. Di halaman samping mesjid Azizi terdapat makam sastrawan Indonesia Tengku Amir Hamzah. Mesjid Istiqlal di jakarta merupakan mesjid terbesar di Indonesia .

Disamping itu, di bidang pendidikan ada juga tempat-tempat pendidikan yang bercorak Islam. Tempat pendidikan itu disebut pesantren.



Para santri di pesantren

Pesantren merupakan tempat pendidikan dan mempelajari ilmu agama Islam. Murid-murid yang belajar di pesantren disebut santri. Para santri dalam memperdalam ilmu agama Islam dididik oleh Ustadz atau Ustadzah (Guru).
Pesantren yang Terkenal di Indonesia antara lain Pesantren Giri di Jawa Timur dan Pesantren Gontor. Saat sekarang ini banyak pesantren yang dibangun misalnya pesantren Darul Arafah yang terdapat di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.
Beduk atau kentongan merupakan contoh benda yang bercorak Islam. Beduk yang terdapat di mesjid Agung Demak merupakan karya Wali Songo. Beduk dan kentongan merupakan benda yang berfungsi sebagai pertanda masuknya waktu shalat bagi umat Islam. Beduk dan kentongan sampai saat ini masih ada mesjid dan mushalla-mushalla.  






0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons